Pages

Labels

Ciri-ciri Tidur Berkualitas


Tidur berkualitas dapat ditakar dari rasa segar tanpa kantuk saat Anda bangun tidur. Hal ini dapat diraih jika siklus tidur telah berjalan dengan mulus tanpa terkendala faktor apapun. Siklus tidur terbagi menjadi 3 tahap yaitu,
  1. Tidur tak dalam ketika kita mudah terbangun.
  2. Tidur dalam atau nyenyak.
  3. Rapid eye Movement yaitu tidur ketika kita bermimpi.
                Jika ketiga perbandingan waktu ketiganya seimbang, berarti tidur Anda sudah  berkualitas.
Sedangkan dilihat dari kuantitas, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda atas jumlah jam tidur. Umumnya kebutuhan dibagi berdasarkan usisa, yaitu enam belas jam untuk bayi, delapan hingga sepuluh jam untuk anak-anak dan remaja, kemudian enam hingga delapan jam untuk dewasa.
                Sementara jika sudah terganggu dengkuran, seseorang jadi mudah bangun gara-gara tersedak atau henti nafas. Akibatnya, siklus tidur tidak lancar. Hal ini mengakibatkan ia jarang mencapai siklus R.E.M (Rapid Eye Movement) dan lebih sering berada di siklus pertama tidur alias tidur tak dalam. Siklusnya tidak seimbang, tidurnya tidak berkualitas.
                Selain jam tidur yang teratur, olahraga secara rutin pun dapat membantu menghasilkan tidur berkualitas. Tapi, hindari olahraga dimalam hari karena kita butuh waktu empat jam untuk menurunkan adrenalin sampai dapat tidur nyenyak. Sementara pengonsumsian kafein sebaiknya dihindari dua belas jam sebelum tidur.