Pages

Labels

Merawat Seatpost

Seatpost merupakan bagian sepeda berbentuk pipa yang terdapat antara seat tube dan sadle. Fungsinya adalah untuk menakar tinggi atau rendahnya dudukan pengendara saat bersepeda. Bahan dasar seatpost bermacam-macam, seperti Aluminium, karbon, bahkan titanium. Setiap bahan dasar yang dipakai, memiliki keunggulan masing-masing. Namun, keunggulan tersebut tidak dapat dirasakan jika tak dirawat dengan benar.
Prinsip dasarnya, seatpost yang baik adalah yang tidak goyang atau pun tidak berbunyi saat dikendarai. Kedua hal tersebut biasanya terjadi karena setelan yang kendur serta kotoran setelah gowes yang masih menempel dibagian tersebut lalu tergesek-gesek. Di beberapa kasus, jika dibiarkan terlalu lama, kotoran seperti ini bisa merusak seatpost atau quick-release, bahkan seat tube. Sehingga kenyamanan terganggu.
Berikut langkah-langkah cara merawat dan membersihkannya:
Tools :
·         Kunci L
·         Chamois (kanebo)
·         Sikat gigi & lap basah
·         Pelumas jenis grease

Kunci L

Chamois (Kanebo)
1.      Longgarkan quick release (seat clamp) pada seat tube, lalu lepaskan seatpost sepenuhnya.
2.    Setelah seatpost terlepas dari seat tube, giliran sadel yang dilepas dengan kunci L. (pastikan Anda ingat letak baut serta setelan dudukan sadel pada seat post sebelum Anda melepaskanya).
3.      Bersihkan dahulu kotoran-kotoran yang menempel dengan lap basah. Jika perlu, memakai sabun cuci.
4.     Setelah dicuci dan dibersihkan, keringkan seatpost dengan lap chamois (kanebo). Baru setelah itu keringkan dengan lap kering. Pastikan betul bahwa seatpost benar-benar kering. Sisa-sisa air dapat menyebabkan karat.           
5.   Selain membersihkan seatpost, bersihkan juga bagian dalam seat tube, terutama pada bagian dalam bibir seat tube yang terdapat quick release. Biasanya bagi mereka yang suka bermain lumpur, pada bagian ini sering terdapat pasir atau sisa tanah yang mengeras. Inilah yang berpotensi yang menimbulkan bunyi.
6.   Setelah semuanya benar-benar bersih dan kering, Anda dapat memasang kembali sadel pada seatpost. Kemudian, masukan kembali seatpost kedalam seat tube. Untuk mencegah timbulnya karat serta memudahkan bongkar pasang dan penyetelan seatpost, lumasi dengan pelumas jenis grease.
Seat Clamp

Saddle

Seatpost
Seat Tube

Ada dua jenis pelumas untuk merawat sepeda, yang pertama pelumas berbahan cairan seperti oli atau minyak yang biasanya disemprot. Kedua jenis grease yang berbentuk seperti odol atau pasta. Masing-masing meiliki kegunaanya, oelumas cair biiasanya digunakan untuk bagian sepeda yang bergerak (rantai, bottom bracket, derailleur, dll), sedangkan yang grease digunakan untuk bagian yang sedikit bergerak (seatpost, headtube, sil-sil baut, dll).

Pelumas Jenis Grease

Pelumas Jenis Cair atau Spray
Catatan:
-          Atur tinggi rendahnya seatpost, demi kenyamanan berkendara.
-     Untuk mengatur tingginya seatpost agar nyaman, perlu diperhatikan batas maksimal ketinggianya. Batas tersebut biasanya ada pada dinding bagian luar seatpost. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ukuran sepeda yang Anda pakai. Apakah sudah sesuai dengan tinggi badan Anda atau belum.
-    Seatpost yang dipasang melewati batas maksimalnya akan berbahaya untuk berkendara. Bahkan dapat menyebabkan seat tube Anda retak, karena mendapat bobot yang tidak sesuai.
-          Batas yang di anjurkan adalah tidak melebihi sepertiga dari panjang seatpost tersebut.

sumber : RIDEBIKE magazine.